15 Hal dan Tips yang Harus Disiapkan untuk Menikah

Setiap acara spesial pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, salah satunya adalah pernikahan. Acara sekali seumur hidup ini memiliki anggaran yang relatif kompleks, karena banyak aspek yang harus kamu penuhi agar pernikahanmu berjalan dengan baik. Oleh karena itu kamu harus mengetahui apa yang harus disiapkan untuk menikah.

Jika kamu mempunyai banyak uang, mungkin tidak begitu masalah karena kamu bisa menggunakan jasa wedding organizer dan wedding planner yang menyiapkan segala kebutuhkanmu. tetapi jika kamu memiliki anggaran yang terbatas maka kamu harus mulai membuat anggaran sendiri.

Berikut ini beberapa tips langkah-langkah yang kamu butuhkan agar kamu bisa mendapatkan harga minimal dengan hasil yang maksimal.

1. Buatlah List atau daftar kebutuhan

Beberapa hal yang harus disiapkan untuk menikah
Instagram.com/akastudioofficial

Buatlah daftar item apa saja yang dibutuhkan dalam pernikahan pada umumnya. Pada umumnya ada 15 item pernikahan

    1. Mendaftar ke KUA
    2. Dekorasi Pernikahan
    3. Rias Pengantin / Mua Wedding
    4. Wedding Organizer / Wedding Planner
    5. Catering Pernikahan
    6. Fotografer Pernikahan
    7. Videografer Pernikahan
    8.  Souvenir Pernikahan
    9. Undangan Pernikahan
    10. Wedding Venue
    11. Tenda Pernikahan
    12. Henna Wedding
    13. Hantaran dan Seserahan
    14. Entertaiment / Band / Music / MC
    15. Kain Bridesmaids
    16. Sound System, Dll.

Tetapi hal diatas bisa saja tidak perlu kamu cari satu-persatu apabila kamu menggunakan sistem paket yang ditawarkan oleh wedding organizer, wedding planner atau pengelola tempat pernikahan yang akan kamu hubungi.

2. Buat Skala Prioritas

Seleksi beberapa daftar yang paling kamu butuhkan. Pikirkan apa yang paling penting bagimu, apakah dekorasi pernikahan, Mua Pengantin atau tempat pernikahan terlebih dahulu. Mungkin ada beberapa item yang bisa kamu lakukan sendiri, misalnya mencetak undangan, Membuat souvenir pernikahan, atau mungkin ada anggota keluarga yang mempunyai hobi atau usaha di bidang fotografi dan videografi.

setelah itu Dari daftar prioritas itulah kamu akan mencurahkan sebagian anggaranmu. Uniknya di indonesia sendiri beberapa rias pengantin juga memiliki dekorasi pernikahan yang terinclude dalam paket pernikahan. Tentunya karena dalam paket pernikahan akan membuat harga semakin terjangkau.

Untuk beberapa item yang dirasa kurang penting, kamu dapat menganggarkan nanti apabila terdapat sisa anggaran.

3. Berburu Vendor Prioritas

Jika sudah memiliki beberapa item prioritas, lanjutkan dengan mencari informasi biaya dari item-item tersebut. Kamu bisa mencari lewat internet atau marketplace terkenal seperti bridestory, weddingku atau heikamu.com.

Cara paling efektif adalah menanyakan langsung kepada vendor di kotamu, kamu bisa mencari dengan menggunakan social media seperti instagram dan facebook dengan menggunakan tagar (Hashtag) atau mencari pada portal terbaik heikamu.com lewat mesin pencari google.

Contohnya, jika kamu mencari dekorasi di bandung maka kata kuncinya yang harus kamu masukan kedalam google adalah “dekorasi bandung” atau “rias pengantin bandung”

Setelah menanyakan rincian dan pricelist dari vendor, pastikan kamu mendapatkan informasi ketersediaan, informasi harga dan apa saja yang ditawarkan untuk bisa kamu dapatkan. Dan lebih baik mencari dua atau 3 vendor sekaligus untuk menjadi pembanding.

4. Diskusikan dengan orang terdekat.

Instagram.com/akastudioofficial

Setelah berburu vendor dan telah mendapatkan rincian lengkap, maka diskusikan dengan pasanganmu, teman atau keluarga. Diskusi diharapkan dapat membantu kamu menentukan vendor terbaik dengan mempertimbangkan kualitas dan biaya yang masuk akal.

Apabila terdapat masalah dalam menentukan vendor, setidaknya mereka akan membantumu mencari solusi terbaik.

5. Menentukan dan mengatur tempat pernikahan

Pertimbangan dalam menentukan tempat pernikahan adalah tempat yang mudah ditemukan dan tidak jauh dari tempat tinggal. Jika budgetmu minim maka menikah di rumah sebenarnya cukup.

Yang perlu kamu pastikan adalah berapa jumlah tamu yang akan datang nantinya, hal ini akan membantu kamu dalam menentukan besar ruangan, jumlah kursi dan berapa hidangan yang mesti kamu siapkan.

6. Sukseskan bersama keluarga dan kerabat

Instagram.com/akastudioofficial

Jika anggaran kamu tidak cukup untuk menyewa wedding organizer, maka kamu bisa meminta bantuan kepada keluarga dan kerabat untuk membantu mensukseskan acara pernikahanmu, yaitu dengan menempatkan mereka pada posisi yang penting diantaranya sebagai.

    • Penerima Tamu, Menghitung Jumlah tamu
    • Koordinasi Para tamu ketika Berfoto, Menyantap hidangan dan penunjuk arah (tempat duduk, informasi toilet, Pintu keluar, kotak amplop dll).
    • Menyiapkan hidangan dan jamuan sekaligus memantaunya.
    • Mendampingi para vendor, memenuhi kebutuhan vendor (jamuan dll).

Membuat anggaran sendiri gampang-gampang sulit, asalkan kamu bersabar dan jeli, maka kamu dapat memperoleh nilai yang masuk akal pada setiap aspek-aspek pernikahan pada umumnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *