Categories: Uncategorized

12 Tips Resepsi Pernikahan Sederhana Di Tengah Wabah Corona

Pesta pernikahan yang mewah tentu menjadi dambaan bagi setiap insan yang hendak melewati fase kehidupan yang baru, tak heran jika beberapa pasangan muda rela menyisihkan sebagian penghasilan-nya untuk tabungan pernikahan yang diidamkan.

Mahar pun sudah didapat, kamu juga telah merancang konsep pernikahan bersama pasangan dan keluarga besar, tak sedikit dari keluarga besarmu yang menawarkan jasa rias sampai pada jasa organ tunggal agar pernikahanmu lebih meriah.

Namun, sebaik apapun rencana manusia, Tuhanlah yang memegang kendali seluruh semesta, pesta pernikahanmu terkendala oleh adanya himbauan dari pemerintah terkait dengan pembatasan sosial berskala besar.

Tentu saja konsep pesta pernikahan yang akan kamu selenggarakan harus kamu kubur terlebih dahulu, kamu harus rela bahwa dalam pesta pernikahanmu nanti, tidak ada organ tunggal, dan tidak ada antrian tamu undangan di meja katering.

Kita pun harus percaya, pasti ada hikmah dibalik wabah virus corona. Kamu dan Pasanganmu sudah terlanjur menyepakati tanggal pernikahan, keluarga besar dari pihak pasanganmu juga tidak menginginkan tanggal akad untuk diundur.

Meski demikian, kamu tetap bisa melangsungkan pesta pernikahan secara sederhana, namun tetap berkesan. Berikut ini adalah tips bagi yang ingin melangsungkan pernikahan ditengah wabah corona.

1. List Tamu Undangan

Hal ini penting kamu lakukan karena di tengah pandemi covid-19, kamu bisa saja secara langsung atau tidak langsung melakukan kontak fisik dengan tamu undangan, oleh karena itu hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat daftar tamu undangan, tentunya jangan mengundang orang yang ada di luar kota, cukup pihak keluarga besar dari kedua mempelai dan beberapa tetangga sebenarnya sudah cukup.

2. Batasi Jumlah Tamu Yang Ada di Dalam Ruang.

Mungkin saja kamu akan menerima tamu di dalam rumah, kamu bisa mengukur berapa luas ruangan yang menjadi tempat untuk menjamu para tamu, sebisa mungkin atur jarak antar tamu minimal 1 meter.

3. Tidak Ada salahnya untuk Cek Kesehatan Beberapa Hari Sebelum Hari-H.

Hal ini cukup penting untuk dilakukan, biasanya sebelum menikah maka calon pengantin wanita dan calon pengantin pria akan melakukan pemeriksaan di puskesmas. Saat itu juga tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan hasil cek darah dengan dokter yang sedang berjaga di puskesmas terkait dengan hasil cek laboratorium.

4. Pastikan Panitia atau Tamu Undangan Dalam Keadaan Sehat

Virus corona bisa menyerang siapapun, dan berpotensi mengalami perburukan kondisi ketika seseorang memiliki riwayat penyakit berat seperti radang paru-paru, atau diabetes melitus. Sehingga pastikan siapapun yang hadir, haruslah dalam kondisi yang sehat. Selain itu, jangan sampai terjadi kerumunan dalam pesta pernikahan.

5. Sediakan Tempat Cuci Tangan.

Hal ini tentu menjadi suatu protokol standar bagi suatu tempat yang sering didatangi orang, pastikan setiap tamu undangan yang datang harus terlebih dahulu mencuci tangannya dengan sabun atau hand sanitizer.

6. Hindari Kontak Fisik

Jabat tangan atau cipika-cipiki tentu merupakan hal lumrah yang terjadi ketika seseorang mengucapkan selamat kepada  seseorang, namun selama pandemi covid-19 belum berakhir, maka hindarilah kontak fisik tersebut, terapkanlah salam sederhana atau namaste. Bahkan ketika melangsungkan ijab kabul, pihak penghulu dan calon pengantin pria sangat dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan.

7. Hindari Sound System Yang Menggelegar

Umumnya, beberapa hajatan akan memasang output speaker sampai kaca rumah tetangga bergetar, namun hal ini sebaiknya dihindari, apabila kamu menginginkan bunyi-bunyian seperti musik, gunakan saja 2 output speaker dengan bass yang tidak terlalu over, hal ini tentu tidak akan mengundang keramaian atau mengantisipasi kedatangan tamu tak diundang.

8. Manajemen Tempat

Jika memungkinkan, sediakan catering di tempat terbuka, hal ini tentu saja meminimalisir kerumunan di dalam rumah. Dalam kondisi saat ini, tentu akan menjadi sesuatu yang tabu ketika seseorang batuk di dalam ruangan, meski batuknya disebabkan karena tersedak makanan.

9. Selalu Sedia Desinfektan

Desinfektan bisa jadi merupakan hal yang wajib ada selama resepsi pernikahan berlangsung, ketika tamu undangan sedang sepi, maka tak ada salahnya untuk menyemprot desinfektan.

10. Wajib Bermasker

Lagi-lagi ini merupakan standar protokol yang ditetapkan oleh pemerintah, dimana ketika berada di luar rumah, masker merupakan sesuatu yang wajib dipakai, tentunya masker hanya dilepas ketika tamu undangan menikmati katering yang disajikan.

11. Souvenir

Pernikahan di saat pandemi covid-19 tentu akan memiliki kenangan tersendiri dengan tantangan-tantangan yang berbeda pula. Tak ada salahnya untuk memberikan souvenir yang identik pula dengan penanganan virus corona, souvenir berupa hand sanitizer kemasan kecil atau masker lucu tentu akan menjadikan kesan tersendiri bagi para tamu undangan.

12. Manfaatkan Media Sosial

Ingat, kamu mungkin memiliki teman di luar kota atau bahkan di luar negeri yang tidak bisa menyaksikan kamu dan pasangan secara langsung. Manfaatkanlah media sosial untuk merekam aktifitas selama prosesi pernikahan berlangsung. Tak ada salahnya kamu minta bantuan saudara untuk live instagram di akun pribadimu.

Pernikahan adalah salah satu momen yang penuh kebahagiaan, tak sedikit orang yang mengalami perubahan hidup setelah menikah, semoga tips tersebut bermanfaat bagi yang hendak melangsungkan pernikahan di tengah pandemi covid-19.

Achmad Afandi

Sepuluh tahun bekerja di wedding industri membuat kami tergerak untuk mengumpulkan pelaku usaha pernikahan terbaik di setiap daerah.

Recent Posts

12+ Bacaan akad nikah Bahasa Arab Inggris dan Indonesia

Semakin bertambahnya umur seseorang maka semakin banyak kebutuhan hidupnya, termasuk kebutuhan memiliki pendamping hidup. Ada…

5 bulan ago

Tips Beli Cincin dan Perhiasan Secara Online

Pernikahan merupakan suatu acara yang sangat sakral, semua orang menantikan mendambakan acara pernikahan yang indah.Bahkan…

5 bulan ago

Kamu Harus Memikirkan ini Ketika Menyiapkan Hantaran Pernikahan

Sudah siap nikah tapi belum kepikiran hantaran pernikahan, ini yang harus kamu fikirkan. Kamu dan…

6 bulan ago

15 Hal dan Tips yang Harus Disiapkan untuk Menikah

Setiap acara spesial pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, salah satunya adalah pernikahan. Acara sekali…

6 bulan ago

6 Kiat Mendapatkan Hantaran Pernikahan Murah Tapi Mewah

Niat baik untuk menikahi sudah didapat, tentu saja pernikahan adalah langkah selanjutnya untuk memulai bahtera…

6 bulan ago

15+ Penyedia Dekorasi Pelaminan di Bekasi Recommended

Pernikahan merupakan salah satu tujuan dari pasangan laki-laki dan perempuan. Banyak yang harus dipersiapkan untuk…

7 bulan ago