Hantaran Pernikahan

7+ Hal Penting Memilih Hantaran Pernikahan

Hantaran dalam sebuah pernikahan memang menjadi sesuatu yang umum bagi siapapun yang hendak melangsungkannya, rasanya hal tersebut juga patut dipersiapkan dan dipikirkan selain memikirkan hal seperti dekorasi, catering atau jasa Make Up Artis.

Penyerahan seserahan atau hadiah bagi calon pengantin bisa dianggap sebagai sesuatu yang wajib ada, barang seserahan sangat beragam, biasanya disesuaikan juga dengan adat dan agama yang dianut oleh kedua calon pengantin.

Umumnya kita akan melihat hantaran yang diberikan dari calon mempelai pria ke calon mempelai wanita berupa barang, kebutuhan rumah tangga, aksesoris ataupun peralatan make up.

Di masa lalu, isi hantaran menandakan status sosial calon pengantin pria, dimana isi yang semakin banyak maka akan semakin tinggi pula status sosialnya. Namun dengan perkembangan jaman yang semakin modern serta terkendala minimnya anggaran, terkadang beberapa jenis hantaran seserahan dipangkas dan disesuaikan dengan budget yang ada.

Memilih isi dalam hantaran memang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi ketika memasuki toko yang menyediakan berbagai make up seakan semua produk ingin dimasukkan kedalam hantaran, tapi perlu diingat jangan sampai anggaran membengkak karena itu.

Meskipun seperti mendapat hadiah, tidak seharusnya calon pengantin menjadi kalap saat memilih isi seserahan bukan. Sehingga yang terpenting adalah makna dan juga manfaatnya.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan hantaran pernikahan.

 

1. Barang Hantaran Pernikahan dapat digunakan.

Hantaran Pernikahan
Hantaran Pernikahan by @seserahanpurwakarta_

Ingat, seserahan di dalam hantaran bukanlah barang pajangan, pastikan isi didalamnya benar-benar bisa dipakai. Tentu saja pada umumnya hantaran akan dihias secantik mungkin sebelum diantarkan ke calon pengantin. Namun perlu diingat bahwa seserahan bukanlah pajangan, sehingga isi dari hantaran tersebut haruslah bisa digunakan. Misalnya lipstik, Bedak, Pakaian dan barang lainya.

Sehingga hindari isi hantaran pernikahan dengan isi seperti miniatur buah atau benda yang hanya dapat digunakan sebagai hiasan.

 

2. List daftar barang yang akan dibutuhkan.

Hantaran Pernikahan Baju
@dr.hantaran

List daftar ini akan bermanfaat ketika hendak mengkroscek kembali,apakah ada barang yang masih belum terbeli atau sudah terbeli, tentu saja kamu bisa mencoret barang yang sudah dibeli. Sehingga nantinya ketika barang sudah terkumpul, kamu bisa memilah dengan mudah dan tidak ada yang terlewatkan.

Jika kamu ingin mengisi hantaran dengan beragam buah, pastikan buah tersebut dalam keadaan segar, ada beberapa daerah yang menganut tradisi untuk membawa makanan tertentu untuk melamar calon pengantin wanita.

Biasanya pihak perempuan juga akan memberikan isian hantaran seperti dalaman atau lingerie, barang tersebut akan diberikan jauh-jauh hari dan nanti akan dimasukkan kedalam kotak hantaran.

 

3. Diskusi Isi Seserahan dan Hantaran Pernikahan dengan Pasangan

Hantaran Pernikahan Pelengkapan mandi
@seserahan.idm

Jangan ragu Ajak Calon Istri Untuk memilih isi seserahan. Tidak perlu ragu untuk mengajaknya ke pusat perbelanjaan, jangan menggunakan praduga apapun ketika hendak memberikan isi hantaran kepada calon mempelai perempuan, terutama dalam membeli produk make up. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kesalahan membeli dan barang seserahan berakhir di meja rias tanpa pernah digunakan.

Kebanyakan calon pengantin wanita sangat concern dalam bagian ini. Tentunya tiap wanita memiliki brand kesukaan masing-masing dari setiap produk perlengkapan seserahan ini. Sehingga untuk calon mempelai pria sebaiknya menyerahkan sepenuhnya urusan make up ini kepada calon pengantin wanita.

Setiap wanita memiliki selera tersendiri dalam memilih make up ataupun aksesoris seperti sepatu atau perhiasan, tidak harus mahal, yang penting dia suka.

Selain itu kamu juga bisa berdiskusi dengannya terkait berapa anggaran yang akan dibutuhkan.

 

4. Jangan mudah tergoda.

Hantaran Pernikahan Perhiasan
@azrina_hantaran

Terkadang ketika kita ingin mencari suatu barang misal A B C, namun mata kita melihat barang D yang kita pikir barang itu harganya relatif murah dan sedang diskon. Ada baiknya kamu cek terlebih dahulu apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan, lebih baik fokus terlebih dahulu pada kebutuhan A, B, C jika semua sudah terpenuhi, maka kamu cek kembali anggaranmu, jika ada sisa barulah mengambil barang D.

 

5. Cari Diskon Hantaran, mengapa tidak?

hantaran   batik
@adaseserahan_-

Jika tidak sempat untuk berbelanja, tidak ada salahnya untuk berburu diskon di situs e-comerce atau marketplace, apalagi jika ada promo bebas ongkir, tentu tidak ada salahnya dicoba, namun jangan lupa ajaklah pasangan untuk ikut memilihnya.

Hal ini merupakan sesuatu yang disukai oleh para wanita. Biasanya wanita lebih jeli dalam melihat barang di marketplace ketika ada diskon besar-besaran.

 

6. Ingin lebih hemat? Daripada membeli kotak hantaran, kamu bisa menyewanya.

Kotak hantaran

Tentu saja agar kemasan seserahan lebih eye catching, seserahan sebaiknya dihias. Jika anggaran terbatas untuk membeli kotak seserahan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan persewaan kotak seserahan. Untuk hal ini kamu bisa temukan secara online. 

Tentu tak perlu gengsi, asalkan isi seserahan lengkap sesuai simbol dan makna masing-masing barang.

Bentuk hantaran tidak selalu berbentuk kotak biasa, saat ini sudah banyak ornamen atau hiasan yang bisa digunakan untuk mempercantik model dan bentuk seserahan agar tampak kekinian.

 

7. Manfaatkan barang yang ada.

 

Beberapa barang seperti kotak buah tentu bisa kamu manfaatkan sebagai hantaran, meski sederhana, tapi dengan balutan hiasan maka hantaran tersebut akan tetap terlihat apik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *