Perhiasan Hantaran Kahwin Lelaki Kepada Perempuan

6+ Seserahan Hantaran Kahwin Lelaki Kepada Perempuan

Seserahan dan Hantaran kahwin lelaki kepada perempuan merupakan hal yang patut dipikirkan untuk calon mempelai pria, umumnya barang hantaran tersebut berupa peralatan ibadah, kosmetik, aksesoris atau perhiasan dan makanan seperti buah-buahan.

Di masa lalu, isi hantaran menandakan status sosial calon pengantin pria, dimana isi yang semakin banyak maka akan semakin tinggi pula status sosialnya. Namun dengan perkembangan jaman yang semakin modern serta terbatasnya anggaran, terkadang beberapa jenis hantaran seserahan dipangkas dan disesuaikan dengan budget yang ada.

Tentu saja harga hantaran pernikahan menjadi salah satu yang dipertimbangkan, jika kamu memiliki anggaran yang terbatas, tentu tidak perlu membuat hantaran yang mewah.

Di Indonesia prosesi seserahan menjelang pernikahan umumnya dilakukan oleh pihak keluarga Pria untuk keluarga mempelai wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak setelah pernikahan.

Barang seserahan pernikahan ini sebenarnya tidak ada sesuatu barang wajib yang harus sama pada setiap orang. Yang jelas biasanya isi dari seserahan tersebut berisi barang yang bisa dipakai oleh sang wanita.

Banyaknya seserahan memang tidak memiliki ketentuan yang harus dipatuhi, tapi umumnya bagi adat jawa, jumlah kotak seserahan berjumlah ganjil mulai dari 5, 7, 9, 11 dan seterusnya.

Wujud dari hantaran sendiri tidak harus berbentuk kotak, kamu bisa memilih bentuk hantaran pernikahan dengan bentuk yang lain seperti lingkaran atau lonjong. Bahkan benda seperti parsel buah juga bisa kamu kreasikan.

Jika kamu masih bingung dalam memilih isi yang ada di dalam kotak hantaran atau parsel hantaran, berikut ini merupakan isi dari kotak hantaran yang umum digunakan.

Isi Kotak Hantaran yang umum digunakan :

1. Perhiasan

Perhiasan Hantaran Kahwin Lelaki Kepada Perempuan
IG : mahar_seserahan_sinopinopi_

Perhiasan tentu bisa dibedakan dengan mas kawin, perhiasan disini bisa berupa gelang, kalung atau anting-anting. Perhiasan dalam hantaran biasa dimaknai sebagai simbol kejayaan dan keberlimpahan rejeki, meski bukan berarti perhiasan yang ada di dalam hantaran tersebut adalah perhiasan yang mahal.

2. Peralatan Ibadah.

Bagi umat muslim, peralatan ibadah bisa dikatakan sebagai barang yang wajib ada. Peralatan ibadah atau yang sering disebut seperangkat alat sholat biasanya berisikan perlengkapan ibadah seperti mukena, sajadah, al-qur’an dan tasbih. 

3. Perlengkapan Rias / Make Up

Hal ini merupakan hal yang umum dalam list daftar isi hantaran pernikahan, khusus untuk keperluan ini, tentu saja ada baiknya calon mempelai pria dan calon mempelai wanita mencari perlengkapan tersebut bersama-sama.

Jika tidak sempat untuk berbelanja ke departemen store atau toko make-up, menjelajahi marketplace tentu bisa menjadi pilihan. Kalian bisa mencari paket hantaran dengan harga yang bervariasi.

 

4. Pakaian / Gaun / High heels

@audi.id_

Setelah menikah, tentu kamu dan pasanganmu akan menerima undangan dari teman ataupun rekan kerja yang menyusul menuju pelaminan. Perlengkapan pesta seperti kebaya atau sepatu high heels tentu diperlukan dalam acara tersebut.

Namun perlu juga diingat, bahwa tidak semua wanita menyukai high heels. Sehingga kamu bisa menanyakan sepatu apa yang sering dia pakai saat menghadiri resepsi pernikahan. Seperti flatshoes ataupun sandal selop tertutup.

5. Buah – Buahan dan Bahan Pangan.

Beberapa adat di Indonesia memang menjadikan buah-buahan dan Bahan Pangan sebagai bagian dari seserahan. Khusus untuk hal ini, kamu wajib memilih buah yang segar dan tidak memiliki bau yang menyengat seperti apel atau pear, hindari buah durian sebagai bagian dari seserahan.

Bahan pangan seperti beras juga bisa dimasukkan ke dalam daftar isi seserahan, pilihlah beras yang berkualitas dan bebas dari kutu, beras sendiri merupakan simbol dari kesuburan, sehingga tidak perlu ragu untuk memilih barang tersebut sebagai bagian dari seserahan.

6. Pakaian Dalam

Mungkin terdengar sedikit aneh, namun barang tersebut merupakan sesuatu yang umum di dalam hantaran. Untuk urusan ini biasanya bukan calon mempelai pria yang membelinya, tetapi calon perempuan yang membelinya lalu diberikan kepada calon mempelai pria untuk dikemas rapi di dalam kotak hantaran.

Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk membuat hantaran sendiri, tentu saja kamu bisa berselancar di internet atau media sosial untuk menemukan referensi paket hantaran, biasanya disitu telah tertera harga dan isi dari hantaran tersebut.

Namun jika kamu memang orang yang kreatif, tentu saja kamu perlu membeli plastik kado, kotak hantaran dan pita jepang untuk menghiasnya. Manfaatkan juga tutorial menghias hantaran di youtube sebagai referensi hantaran yang akan kamu buat.

Lantas bagaimana jika kamu memiliki anggaran yang terbatas dan tidak sempat untuk menghias kotak hantaran? Tenang jangan panik dan jangan gengsi, kamu bisa memilih untuk menyewa kotak hantaran selama beberapa hari, hal ini tentu menjadi pilihan bijak bagi kamu yang tidak ingin menambah daftar sampah.

Beberapa adat di Indonesia memang memiliki aturan-aturan tak tertulis untuk urusan seserahan. Seperti harus adanya hewan ternak, atau hasil bumi seperti beras atau jagung.

Yang perlu diingat adalah, Hantaran kahwin lelaki kepada perempuan tersebut bukan barang pajangan, sebaiknya isi dari hantaran adalah barang yang bisa dipakai oleh mempelai wanita di kemudian hari. Tidak dianjurkan untuk mengisi hantaran dengan barang seperti boneka atau miniatur buah yang terbuat dari keramik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *